Internetworking

No Comments
DUNIA KOMPUTER - Model OSI adalah model / acuan arsitektural utama untuk network yang medeskripsikan bagaimana data dan informasi aplikasi di komputer lain melalui media seperti kabel. Model OSI melakukan semua dengan menggunakan pendekatan layer.

Pendekatan Layer ( Berlapis )
Model referensi adalah suatu konsep cetak-biru dari bagaimana seharusnya komunitas langsung model ini menjelaskan semua proses yang diperlukan oleh komunitas yang efektif. Model ini juga membagi proses - proses tersebut menjadi kelompok logis yang bernama layer.

Keuntungan Bagi Model Referensi.
Tujuan utama semua model tersebut, terutama OSI model, adalah untuk memungkinkan bisa saling bekerja samanya dengan jaringan - jaringan yang menggunakan alat - alat dari vendor yang berbeda.
Beberapa keunggulan menggunakan layer OSI antara lain :
- Memungkinkan para, vendor membuat alat - alat network yang standar.
- Memungkinkan bermacam - macam perangkat keras dan perangkat lunak untuk bisa saling berkomunikasi.
- Mencegah perubahan disatu layer mempengaruhi layer lainnya sehingga permasalahan seperti ini tidak menghambat masalah development.

Model Referensi OSI
Salah satu fungsi terpenting dari spesifikasi OSI adalah memantu terjadinya transfer data antar host yang berbeda. Sebagai contoh, model OSI adalah membantu terjadinya transfer data diantara komputer yang menggunakan UNIX dan PC / MAC.
OSI bukanlah suatu model yang berbentuk fisik melainkan panduan bagi pembuat aplikasi agar bisa membuat dan mengimplementasikan aplikasi yang bisa berjalan dijaringan.
OSI terdiri atas 7 layer ( lapisan ) yang terbagi menjadi dua group. Tiga layer teratas mendefinisikan bagaimana aplikasi berkomunikasi dalam user. Empat layer dibawah mendefinisikan bagaimana data dipindahkan dari suatu tempat ketempat lain.

Aplication  : Menyediakan User Interface
Presentation  : Menyajikan data, menangani pemrosesan
Session  : Menjadi agar data dari masing - masing apf tetap terpisah

Posting Komentar