Peralatan Untuk Membangun Sebuah Jaringan Berbasis Luas

No Comments

1.      Peralatan vital harus dimiliki untuk membangun sebuah jaringan berbasi luas beserta fungsinya masing - masing adalah :
    
A.    Antena Grid 2,4 / Omni 19 dbl
Fungsinya adalah dimana antena ini adalah menerima dan mengirim sinyal data dengan sistem gelombang radio 2,4 mhz. Dimana data tersebut bisa dalam bentuk intermet / internet.
B.     Radio Outdor / Indor
Berfungsi untuk menghubungkan proses input / output frekuensi 2,4 mhz ke internet card ( ETHO ) / komputer.
C.     Hub / SWITCH
Hub / switch berfungsi sebagai terminal / pembagi sinyal data bagi network card
D.    Wireless Router
Bisa juga berfungsi menjadi switch / hub dan sebagai radio indor dimana mengubungkan frekuensi 2,4 mh ke PC ( Personal Komputer )
E.     Kabel Dan Konektor
Kabel dan konektor berfungsi sebagai media penghubung antara komputer client dengan komputer client yang lain / dengan peralatan lain yang digunakan untuk membentuk jaringan.

2.      Perlu jangka waktunya sebulan, jika tidak ada peralatan maka perangkat wireless akan cepat rusak dan dapat mati total, pada bagian radio outdor / indoor, wireless router dan mengatur radio tersebut melalui software sesuai merk radio / wireless.

A.    Lembar kerja
Alat Dan Bahan
- Tang, obeng plus / minus untuk merakit dan memasang antena, lalu alas kaki yang terbuat dari karet untuk menghindari aliran ketubuh ( Tersengat Listrik )
- Kabel UTP dan konektor RJ 45 serta krimping tolls untuk memasang RJ 45 kekabel UTP.
- Radio outdor / indor lengkap dengan driver / aplikasinya
- Wireless Router

Lalu koneksikan dengan komputer yang mempunyai sistem operasi, lalu masuk kedalam aplikasi web brosing, lalu ketika IP Wireless pada address yang biasanya setiap wireless router mempunyai IP=192.168.1.1 lalu setting IP local sesuai dengan IP local yang sudah ditentukan menurut classnya. 

Tugas ini adalah untuk sekolah yang tidak mempunyai WAN ( Wide Area Network ) disekolah.
Jika sekolah mempunyai WAN ( Wide Area Network ) maka lakukan instalasi radio dengan cara pasang antena omni / grid 2,4 maka pada tower, lalu connect kan kabel UTP pada radio indoor / outdoor. Setelah anda melihat lampu power LAN, dari lampu signal ( berkedip ) maka instalasi radio telah anda jalani dengan baik.